Contoh RPP Pandemi Covid 19 Kelas 1 SD/MI Tema Pengalamanku, Pengalamanku di Rumah
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 / 2 Tema : Pengalamanku ( Tema 5 )
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran dengan model DARING, dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar, menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat, memainkan pola irama sederhana untuk dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
B. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Study Saster merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan .
C. Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk pembaelajaran dipandu melalui Telegram / WA group dan google classroom, dan peserta didik mengisi daftar hadir online yang dikirim guru ke telegram/WA group dan google classroom.
- Memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran melalui Telegram / WA group dan google classroom.
- Melalui Telegram / WA group dan google classroom, Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskanya kembali,. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi menggunakan kata “maaf, panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua, dan lagu “Bunda Piara”, untuk memainkan pola irama sederhana.
- Siswa diarahkan untuk mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya.
- Siswa mendengarkan dengan penuh konsentrasi.
- Memahami dengan mengamati tanyangan konsep dan video yang dibagikan melelui WA dan google classroom/Zoom .
- Melalui Telegram / WA group dan google classroom, Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi.
- Peserta Didik mengajukan pertanyaan atau peristiwa di vidio pembelajaran.
- Peserta didik bersama orang tua dirumah mendiskusikan, mengumpulkan informasi , mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi.
- Telegram / WA group dan google classroom, Peserta didik diminta mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan.
- Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan
- Telegram / WA group dan google classroom, atau aplikasi zoom Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal – hal yang telah dipelajari terkait dengan materi.
- Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal – hal yang belum dipahami.
- Peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran tentang point – point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru membuat rangkuman / simpulan pelajaran tentang point – point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
- Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan LKPD
- Pengetahuan : Penilaian melalui Daring ( google Form )
- Keterampilan : Unjuk Kerja , Penilaian Proyek, ( peserta didik mengirimkan tugas melalui Email)
Posting Komentar untuk "Contoh RPP Pandemi Covid 19 Kelas 1 SD/MI Tema Pengalamanku, Pengalamanku di Rumah"