Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Standar Pelayanan Kebidanan yang Harus Dipahami oleh Tenaga Kesehatan


Standar Pelayanan Kebidanan


1. Standar I:Falsafah dan Tujuan


Pengelola pelayanan kebidanan memiliki visi,filosofi,dan tujuan pelayanan serta organisasi pelayanan sebgai dasar untuk melaksanakan tugas pelayanan yang efektif dan efisien.

Definisi operasional

a. Pengelola pelayanan kebidanan memiliki visi,misidan filosofi pelayanan kebidanan yang mengacu pada visi,misi,dan filosofi masing-masing.

b. Terdapat struktur organisasi yang menggambarkan garis komando,fungsi,dan tanggung jawab serta kewenangan dalam pelayanan kebidanan dan hubungan dengan unit lain

c. Terdapat uraian tugas tertulis untuk setiap tenaga yang ada pada organisasi yang disahkan oleh pimpinan.

d. Terdapat bukti tertulis tentang persyaratan tenaga yang menduduki jabatan pada organisasi yang disahkan oleh pimpinan.

2. Standar II: Administrasi dan Pengelolaan


Pengelola pelayanan kebidanan memiliki pedoman pengeloaan pelayanan, standar pelayanan, prosedur tetap, dan pelaksanaan kegiatan pengelolaan pelayanan yang kondusif yang memungkinkan praktik pelayanan kebidanan menjadi akurat.

Baca juga : Pola Asuh Makan Bayi, Tahapan Pemberian Makanan dan ASI yang Tepat  

Definisi operasional

a. Terdapat pedoman pengelolaan pelayanan yang mencerminkan mekanisme kerja di unit pelayanan tersebut yang disahkan oleh pimpinan.

b. Terdapat standar pelayanaan yang mengacu pada pedoman standar alat, standar ruangan, standar ketenagaan yang telah disahkan oleh pimpinan.

c. Terdapat prosedur tetap untuk setiap jenis kegiatan atau tindakan kebidanan yang disahkan oleh pimpinan.

d. Terdapat rencana atau program kerja disetiap institusi pengelolaan yang mengacu pada institusi induk.

e. Terdapat bukti tertulis penyelenggaraan pertemuan berkala secara teratur, dilengkapi dengan daftar hadir dan notulen rapat.

f. Terdapat naskah kerja sama, program praktik dari institusi yang menggunakan lahan praktik, program, pengajaran klinik, dan penilaian klinik.

g. Terdapat bukti administrasi yang meliputi buku registrasi.

3. Standar III : Staf dan Pimpinan


Pengelolaan pelayanan kebidanan mempunyai progam pengelolaan sumber daya manusia ( SDM ), agar pelayanan kebidanan berjalan efektif dan efesien.

Definisi operasional

a. Terdapat program kebutuhan SDM sesuai dengan kebutuhan

b. Mempunyai jadwal pengaturan kerja

c. Terdapat jadwal dinas yang menggambarkan kemampuan setiap tenaga per unit yang menggambarkan kemampuan setiap tenaga per unit yang menduduki tanggung jawab dan kemampuan yang dimiliki oleh bidan

d. Terdapat seorang bidan pengganti dengan peran dan fungsi yang jelas dan kualifikasi minimal selaku kepala ruangan berhalangan bertugas

e. Terdapat data personel yang bertugas di ruangan tersebut

4. Standar IV : Fasilitas dan Peralatan


Tersedia sarana dan peralatan untuk mendukung pencapaian tujuan pelayanan kebidanan sesuai dengan bebas tugasnya dan fungsi institusi pelayanan.

Definisi operasional

a. Tersedia peralaat yang sesuai dengan standar dan terdapat mekanisme keterlibatan bidang dalam perencanaan dan pengembanagn sarana dan prasarana

b. Terdapat buku inventaris peralatan yang mencerminkan jumlah barang dan kualitas barang.

c. Terdapat pelatihan khusus untuk bidan tentang penggunaan alat tertentu.

d. Terdapat prosedur permintaan dan penghapusan alat.


5. Standar V : Kebijakan dan Prosedur


Pengelola pelayanan memiliki kebijakan dalam penyelenggaraan pelayanan dan pembinaan personel menuju pelayanan berkualitas.

Baca juga : Cara MPASI yang Baik, Permasalahan Pemberian Gizi Makanan pada Bayi  

Definisi operasional

a. Terdapat kebijakan tertulis tentang prosedur pelayanan dan standar pelayanan yang disahkan oleh pimpinan

b. Terdapat prosedur personalia ; penerimaan pegawai kontrak kerja, hak dan kewajiban personalia

c. Terdapat prosedur pengajuan cuti personel, istirahat, sakit, dll.

d. Terdapat prosedur pembinaan personel.

6. Standar VI : Pengembangan Staf dan Program Pendidikan


Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program pengembangan staf dan perencanaan pendidikan, sesuai dengan kebutuhan pelayanan.

Definisi operasional

a. Terdapat program pembinaan staf dan program pendidikan secara berkesinambungan.

b. Terdapat program pelatihan dan orientasi bagi tenaga bidan atau personal baru dan lama agar dapat beradaptasi dengan pekerjaan.

c. Terdapat data hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi hasil pelatihan.

7. Standar VII : Standar Asuhan


Pengelola pelayanan kebidanan memiliki standar asuhan atau manajemen kebidanan yang ditetapkan sebagai pedoman dalam memberi pelayanan kepada klien

Definisi opersional

a. Terdapat standar manajemen kebidanan ( SMK ) sebagai pedoman dalam memberi pelayanan kebidanan.

b. Terdapat format manajemen kebidanan yang tercantum dalam catatan medik.

c. Terdapat pengkajian asuhan kebidanan bagi setiap klien.

d. Terdapat diagniosis kebidanan.

e. Terdapat rencana asuhan kebidanan.

f. Terdapat dokumen tertulis tentang tindakan kebidanan.

g. Terdapat evaluaisi dalam memberi asuhan kebidanan.

h. Terdapat dokumentasi untuk kegiatan manajemen kebidanan.

8. Standar VIII : Evaluasi dan Pengendalian Mutu


Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program dan pelaksanaan dalam evaluasi dan pengendalian mutu pelayanan yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

Baca juga : Jenis Makanan Bayi yang Baik, Makanan Lumat, Lunak dan Padat  

Definisi operasional

a. Terdapat program atau rencana tertulis tentang peningkatan mutu pelayanan kebidanan.

b. Terdapat program atau rencana tertulis untuk melakukan penilaian terhadap standar asuhan kebidanan.

c. Terdapat bukti tertulis dari risalah rapat sebagai hasil dari kegiatan pengendalian mutu asuahan dan pelayanan kebidanan.

d. Terdapat bukti tertulis tentang pelaksanaan evaluasi pelayanan dan rencana tidak lanjut.

e. Terdapat laporan hasil evaluasi yang dipublikasikan secara teratur kepada semua staf pelayanan kebidanan.

Posting Komentar untuk "8 Standar Pelayanan Kebidanan yang Harus Dipahami oleh Tenaga Kesehatan"