Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Administrasi Pendidikan Berdasarkan Aktivitas Pencapaian Tujuan


Proses Administrasi Pendidikan


Pengertian dari konsep administrasi pendidikan yang telah dipaparkan, memberikan implikasi terhadap aspek-aspek yang terkait dalam suatu lingkungan lembaga pendidikan, baik secara makro, messo maupun mikro untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya sesuai dengan fungsi-fungsi administrasi dipandang dari sistem, sub sistem, komponen, dimensi, unsur dan kriteria. Administrasi sebagai salah satu alat dalam organisasi, perilaku administrasi sangat ditentukan oleh perilaku personil yang terlibat di dalamnya. Perilaku personil dalam suatu organisasi, ditetapkan melalui perangkat aturan, perangkat tugas dan mekanis- me. Adapun secara sederhana perilaku tersebut mengarah pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Baca juga : Asas-Asas Bimbingan Konseling di Sekolah, Kerahasiaan, Keterbukaan dan Kemandirian  

Proses administrasi pendidikan diperlukan berbagai pendeka- tan untuk mencapai tujuan, salah satu pendekatan yaitu pendekatan terpadu. Konsep pendekatan administrasi terpadu ialah suatu pende- katan yang dilandasi oleh norma dan keadaan yang berlaku, mene- laah ke masa silam dan berorientasi ke masa depan secara cermat dan terpadu dalam berbagai d imensi. Pendekatan terpadu melibatkan dimensi serta optimalisasi fungsi koordinasi,dan pelaksanaannya ditunjang dengan konsep manajemen partisipatif. Konsep manajemen partispasif, mempunyai dimensi konteks, tujuan dan lingkungan. Hal itu dikembangkan menjadi suatu proses dalam administrasi pendidikan terpadu yang intinya ada keter- libatan semua pihak yang terkait dalam organisasi pendidikan.

John M.Cohen dan Norman T. Uphoff (1977:6-8) meng- ungkapkan bahwa kerangka kerja secara koordinasi dalam suasana partisifasif mempunyai tiga dimensi yakni; Context of participation may affect its extent and subtance; to understnad this context, we suggest analysis of the nature of the development task at hand and the most slient features of the environment in projects are under-taken.


Kerangka kerja tersebut, menunjukkan bagaimana suatu pengembangan program dilakukan, melalui pendekatan partisipasi. Partisipasi dari instrumental yang ada seperti konstitusi, keterli- batan masyarakat, kelompok atau personal. Kondisi ini,tergantung pada keterlibatan dalam ; 

(a) pengambilan keputusan; 
(b) pelak- sanaan keputusan; 
(c) manfaat adanya part isipasi; dan 
(d) keterlibatan dalam evaluasi.

Berdasarkan dari uraian tersebut, tampak bahwa proses administrasi merujuk pada aktivitas pencapaian tujuan. Proses tersebut, diperlukan berbagai pendekatan yang selaras dengan karakteristik suatu organisasi, yang mempunyai visi, misi, fungsi dan tujuan serta strategi pencapaiannya.

Posting Komentar untuk "Proses Administrasi Pendidikan Berdasarkan Aktivitas Pencapaian Tujuan"