Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum Merdeka, Mengapa IPA dan IPS Digabung di Tingkat SD?


Mengapa IPA dan IPS digabungkan di tingkat dasar?


Mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi satu di tingkat SD karena anak usia SD cenderung melihat segala sesuatunya secara utuh dan terpadu. Selain itu, masih pada tahap berpikir konkrit/sederhana, holistik, dan komprehensif, namun belum detail. Perpaduan pengajaran IPA dan IPS diharapkan dapat memicu anak-anak untuk mampu mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan.

Baca juga : Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Mengapa IPAS mulai diajarkan di kelas III?


IPAS mulai diajarkan di Tahap B (kelas III) untuk memperkuat kesadaran siswa terhadap lingkungan sekitar, baik dari aspek alam maupun sosial.


Apakah pendekatan tematik masih digunakan?


Ya, pendekatan tematik masih digunakan, tetapi tidak wajib. Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan lain sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

Mengapa tidak ada mata pelajaran keterampilan di sekolah dasar?


Mata pelajaran keterampilan untuk siswa SD telah diakomodasi melalui mata pelajaran Seni Rupa.

Posting Komentar untuk "Kurikulum Merdeka, Mengapa IPA dan IPS Digabung di Tingkat SD?"