Menapaki Jejak Matematika: Meniti Tujuan di Semester 1 & 2 Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Tujuan pembelajaran menjadi landasan saat menilai, khususnya dalam aplikasi erapor. Selain nilai, erapor juga membutuhkan guru untuk memasukkan tujuan pembelajaran, menjadi basis capaian kompetensi siswa.
Tujuan pembelajaran meliputi tiga aspek penting: pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik. Ia menjadi harapan agar peserta didik mampu meraih kompetensi yang telah ditetapkan.
Admin kali ini ingin menyuguhkan susunan tujuan pembelajaran Matematika kelas 10 SMA/SMK berdasarkan kurikulum merdeka. Tujuan ini ditujukan untuk membantu para guru memilih tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam perjalanan pembelajaran.
Materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Matematika kelas 10 SMA terbagi dalam beberapa Bab/unit pembelajaran. Setiap Bab/unit memiliki tujuan pembelajaran tersendiri. Oleh karena itu, admin ingin menyajikan susunan tujuan pembelajaran untuk setiap Bab/Unit di mata pelajaran Matematika kelas 10 SMA kurikulum merdeka, dari semester 1 hingga semester 2.
Tujuan pembelajaran ini nantinya bisa diadaptasi oleh guru sesuai dengan konteks sekolah masing-masing. Admin berbagi susunan Tujuan Pembelajaran (TP) ini semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru.
Berikut adalah susunan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas 10 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka:
### Semester 1: Eksplorasi Eksponen dan Logaritma
- Mengekspresikan perkalian bilangan bulat berulang sebagai bilangan berpangkat.
- Generalisasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan).
- Aplikasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat untuk menyederhanakan bentuk matematis.
- Identifikasi sifat-sifat logaritma.
- Penyelesaian permasalahan sehari-hari terkait dengan logaritma.
### Menelusuri Barisan dan Deret dalam Semester 1
- Deskripsi perbedaan antara barisan aritmetika dan barisan geometri.
- Penentuan suku ke-n dan beda dari barisan aritmetika.
- Penentuan suku ke-n dan rasio dari barisan geometri.
- Penyelesaian permasalahan sehari-hari terkait dengan konsep barisan aritmetika dan geometri.
- Penentuan jumlah suku ke-n dari deret aritmetika dan geometri.
- Penyelesaian permasalahan sehari-hari terkait dengan konsep deret aritmetika dan geometri.
### Melangkah dalam Vektor dan Operasinya
- Representasi vektor dalam berbagai bentuk.
- Penunjukan beberapa jenis vektor.
- Representasi vektor dalam komponen-komponen sistem koordinat.
- Operasi vektor dan interpretasi hasilnya secara geometris dan aplikatif.
- Penerapan operasi vektor dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.
### Semester 2: Meniti Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
- Konsep sistem persamaan linear tiga variabel.
- Penentuan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear tiga variabel.
- Penggunaan sistem persamaan linear tiga variabel dalam menyelesaikan masalah.
- Konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
- Penentuan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
- Penggunaan sistem persamaan linear dua variabel dalam menyelesaikan masalah.
### Mendalami Fungsi Kuadrat
- Identifikasi fungsi kuadrat dalam berbagai bentuk: aljabar, tabel nilai, dan grafik.
- Pengenalan karakteristik dari fungsi kuadrat.
- Penerapan fungsi kuadrat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari secara aljabar maupun grafis.
### Melihat Statistika dengan Lebih Dalam
- Pembedaan jenis data dan representasi grafis yang sesuai serta analisis data untuk pengambilan kesimpulan.
- Pembuatan dan interpretasi histogram, diagram batang, line plot.
- Penentuan ukuran pemusatan data: mean, median, modus, pada data tunggal dan kelompok.
- Penentuan ukuran penempatan data: kuartil dan persentil pada data tunggal dan kelompok.
- Pengenalan ukuran penyebaran data: jangkauan interkuartil, varian, dan simpangan baku pada data tunggal dan kelompok.
- Perbandingan 2 kelompok data menggunakan ukuran pemusatan dan penyebaran.
### Probabilitas: Menjelajahi Peluang
- Penentuan ruang sampel suatu kejadian.
- Pembuatan distribusi peluang kejadian.
- Perbedaan antara kejadian saling lepas dan tidak saling lepas.
- Penggunaan aturan penjumlahan untuk menentukan peluang dua kejadian saling lepas.
- Adaptasi aturan penjumlahan untuk menentukan peluang dua kejadian tidak saling lepas.
Demikianlah susunan Tujuan Pembelajaran (TP) matematika kelas 10 SMA/SMK pada semester 1 dan semester 2 berdasarkan kurikulum merdeka. Semoga informasi ini dapat menjadi panduan berguna bagi para guru yang tengah mencari referensi untuk merancang tujuan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika di tingkat SMA/SMK.
Posting Komentar untuk "Menapaki Jejak Matematika: Meniti Tujuan di Semester 1 & 2 Kelas 10 Kurikulum Merdeka"